Fakta Tentang Galaksi Bima Sakti

Bima Sakti adalah galaksi spiral dilarang, yang berarti bahwa itu adalah galaksi spiral dengan struktur berbentuk bar yang terdiri dari bintang-bintang. Bima Sakti hanyalah salah satu dari beberapa galaksi alam semesta. Namun, penting bagi kita karena rumah tata surya kita. Anda akan menemukan hal menarik untuk mengetahui bahwa Bumi kita sendiri, terletak di salah satu lengan galaksi. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Bima Sakti.

Fakta tentang Jalan Sakti – Galaxy

Seperti yang terlihat dari Bumi, Bima Sakti muncul sebagai band kabur dari cahaya putih di langit selama malam. Ini membagi langit malam menjadi dua belahan yang agak sama.

Disk bintang galaksi adalah ukuran sekitar 100.000 tahun cahaya dengan diameter. Ini adalah sekitar 1000 tahun cahaya dalam ketebalan. Ini terdiri dari sebanyak 2-400 bintang. Itu hampir mustahil untuk memperkirakan usia yang tepat dari Bima Sakti. Namun, usia bintang tertua di Galaxy adalah sekitar 13,2 miliar tahun

Mari kita lihat struktur galaksi. Pusatnya berada di arah Sagitarius. Ini kemudian melewati Scorpio, Ara, Norma, Canis Major, Orion, Gemini, Taurus dan kembali ke Sagitarius melalui Scutum. Bima Sakti muncul terang terhadap konstelasi Sagitarius.

Galaxy terdiri dari sebuah cakram gas, debu dan bintang-bintang yang mengelilingi wilayah berbentuk bar. Disk bentuk-bentuk struktur lengan empat yang mengambil bentuk spiral. Pusat galaksi Bima Sakti di arah Sagitarius. Disk galaksi tonjolan keluar di pusat galaksi. Ia memiliki diameter nilai antara 70.000 sampai 100.000 tahun cahaya.

Massa Galaxy diperkirakan 5.8×1011 massa matahari. Sebagian besar massa adalah materi gelap, masalah hipotetis yang tidak reaktif terhadap gaya elektromagnetik. Tetapi keberadaan materi gelap terlihat melalui studi tentang efek gravitasi pada materi yang terlihat.

Pembentukan bintang aktif mengambil tempat di disk galaksi dan di daerah kepadatan tinggi di lengan spiral. Bagaimana lahir bintang-bintang? Pergi melalui siklus hidup sebuah bintang untuk mengetahui jawabannya.

Sun, tentu saja, adalah bintang besar pusat sistem tata surya kita. Melintasi melalui ruang di Bima Sakti. Gerak galaksi Matahari berada di arah bintang Vega dan miring pada sudut 60 derajat langit ke pusat galaksi. Sun berosilasi naik dan turun relatif terhadap bidang galaksi. Untuk sistem surya untuk menyelesaikan satu orbit mengelilingi galaksi, dibutuhkan sebanyak 225-250000000 tahun! Periode waktu ini disebut sebagai tahun galaksi.

Galaxy diyakini memiliki empat lengan spiral logaritmik. Mereka disebut sebagai Lengan Perseus, Lengan Scutum-Crux, lengan Carina dan Sagitarius dan Lengan Norma dan Cygnus. Menurut penemuan terbaru, ada ekstensi luar ke Lengan Cygnus. Dengan nama lengan Orion, yang merupakan lengan relatif lebih kecil, berisi sistem surya kita. Fakta ini hanya membuat kita menyadari keberadaan kita tidak penting dalam kaitannya dengan hamparan tak terbatas alam semesta.

Untuk mempelajari lebih dalam prinsip-prinsip astronomi, melalui Artikel Astronomi.